29 September 2022
Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kiri) didampingi isteri,Hj Hesnidar Haris (tengah) dan Sekda Pemprov Jambi, H Sudirman (kiri) melambaikan tangan kepada peserta pawai pembangunan HUT ke-77 RI di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Jalan Sultan Thaha, Kota Jambi, Kamis (18/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pawai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di Kota Jambi, Kamis (18/8/2022) menjadi pemacu semangat pembangunan. Melalui pawai tersebut, seluruh lembaga atau organisasi perangkat dinas (OPD) dan organisasi kemasyarakatan bisa menunjukkan kreasi dan inovasi kinerja membangun daerah.

Hal tersebut ditandai dengan pawai kendaraan hias dan barisan peserta pawai yang menunjukkan keberhasilan mereka dalam pembangunan. Kreasi dan inovasi yang ditunjukkan melalui pawai pembangunan tersebut juga menjadi pemberi semangat bagi seluruh warga masyarakat Jambi agar lebih giat bekerja/berusaha demi pemulihan dan peningkatan ekonomi.

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH ketika menyambut peserta pawai pembangunan di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Taman Tanggo Rajo “Ancol” Kota Jambi, Kamis (18/8/2022) mengungkapkan, pawai pembangunan dalam rangka HUT RI tersebut bertujuan mengangkat potensi daerah serta potensi pada masing-masing OPD.

Termasuk juga mengangkat potensi instansi vertikal (pemerintah pusat), BUMD/BUMN dan perusahaan dengan memperkenalkan hasil – hasil pembangunan atau hasil hasil produksi mereka kepada warga masyarakat.

Dikatakan, kemeriahan pawai pembangunan HUT RI di Kota Jambi tersebut bukan karena kemewahan penampilan para peserta pawai, tetapi karena antusiasme masyarakat Provinsi Jambi mengikuti dan menyaksikan pawai pembangunan tersebut.

Menurut Al Haris, pawai pembangunan tersbeut tidak hanya sebagai kegiatan seremonial saja, akan tetapi menanamkan semangat bagi generasi penerus untuk mengisi pembangunan dengan hal-hal positif. Melalui kreasi mobil hias dan atraksi berbagai organisasi kemasyarakatan pada pawai tersebut, warga masyarakat Jambi bisa melihat lebih dekat hasil-hasil pembangunan di berbagai bidang.

“Saya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas partisipasinya dalam rangkaian kegiatan pawai pembangunan guna memeriahkan HUT ke-77 RI di Provinsi Jambi. Semangat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI kita jadikan spirit untuk maju dan memulihkan perekonomian Provinsi Jambi sesuai dengan tema peringatan Kemerdekaan RI tahun ini yakni ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’,” ujarnya.

Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tahun ini menggelar berbagai kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI, termasuk pawai pembangunan. HUT RI di Jambi diisi dengan banyak kegiatan menyusul meredanya pandemi Covid-19.

Kemudian berbagai kegiatan HUT RI di daerah itu, termasuk pawai pembangunan juga digelar guna menampilkan informasi singkat tentang profil dan peran peserta dalam pembangunan khususnya di Provinsi Jambi.

Peserta pawai yang menggunakan busana adat Melayu dan nusantara mendapat perhatian khusus masyarakat pada pawai pembangunan HUT ke-77 RI di Kota Jambi, Kamis (18/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Al Haris mengharapkan pawai pembangunan tersebut semakin meningkatkan semangat rasa cinta Tanah Air, karena mencintai Tanah Air merupakan bagian dari iman (Hubbul Wathan Minal Iman). Tanah Air merupakan sarana primer untuk melaksanakan perintah agama.

“Mari kita jaga persatuan dalam keberagaman, menjaga kemerdekaan, menjaga Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga NKRI, dan menjaga UUD 1945 secara bersungguh-sungguh dan ikhlas, sehingga kita menjadi negara yang maju, mandiri dan terhormat,”harapnya.

Al Haris pada kesempatan tersebut juga mengajak seluruh masyarakat Jambi beramai – ramai menyaksikan pesta rakyat dalam rangka memperingatiHUT ke-77 RI yang dilaksanakan Sabtu (20/8/2020) di halaman depan kantor Gubernur Jambi.

Sementara itu, pawai pembangunan HUT RI di Kota Jambi tersebut berlangsung semarak. Peserta pawai yang menggunakan mobil hias dan barisan pawai mencapai mencapai 100 kelompok. Ada kelompok mobil hias, marching band, komunitas adat, profesi, partai politik dan berbagai kelompok lainnya.

Kemudian ribuan warga masyarakat di Kota Jambi secara antusias turun ke jalan menyaksikan pawai pembangunan tersebut. Pawai pembangunan tersebut diawali dari ruas depan Masjid Agung Al-Falah Jambi hingga ke depan rumah Dinas Gubernur Jambi. Warga masyarakat menyaksikan peserta pawai di pinggir jalan hinga di atas rumah toko dan pusat perbelanjaan yang berada di jalur lintasan pawai.

Turut menyaksikan pawai pembangunan tersebut, Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI, Sekretaris Daerah Pemprov Jambi, H Sudirman, SH, MH, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj Hesnidar Haris, SE, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih dan para pejabat di lingkungan Pemprov Jambi. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.