29 September 2022
Warga Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Sitalasari, Kota Pematangiantar mengadakan jalan santai menyambut HUT ke-77 RI di Kelurahan Bah Kapul, Kota Pematangsiantar, Sumut, Minggu (14/8/2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Pematangsiantar) – Warga Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) penuh semangat dan meriah. Hal itu ditandai dengan kegiatan perayaan HUT ke-77 RI yang dilaksanakan berbagai kelompok warga masyarakat Kota Pematangsaintar.

Warga masyarakat Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Sitalasari, Kota Pematangiantar misalnya menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan menyambut HUT ke-77 RI. Kegiatan jalan santai menyambut HUT ke-77 RI digelar warga masyarakat Kelurahan Bah Kapul, Minggu (14/8/2022).

Jalan santai yang digelar warga Kelurahan Bah Kapul tersebut juga diikuti warga tetangga, Kelurahan Bah Sorma. Sedikitnya 500 orang warga kedua kelurahan itu menyikuti jalan santau penuh semangat dengan membawa bendera merah putih. Peserta jalan santai berasal dari kalangan anak-anak, pemuda dan orang tua.

Ketua Umum Peringatan HUT ke-77 RI Kelurahan Bah Kapul, Kota Pematangsiantar, Heri Kurnia didampingi Sekretaris Umum Panitia, Ramio di sela-sela jalan santai tersebut mengatakan, jalan santai memperingati HUT RI tersbeut baru digelar kembali menyusul meredanya pandemi Covid-19. Sejak 2020 hingga 2021, jalan santai memperingati HUT RI di daerah mereka tidak digelar akibat pandemi Covid-19.

“Sudah dua tahun kegiatan seperti ini tidak kami laksanakan karena Covid-19. Karena itu ketika kegiatan jalan santai ini digelar kembali, warga masyarakat menyambutnya secara meriah. Gerak jalan sehat atau jalan santai dimulai dari depan gedung Pasar Sibatu-batu Kota Pematangsiantar. Rute yang dilalui hanya sekitar lingkungan kelurahan ini saja,”katanya.

Dijelaskan, kegiatan peringatan HUT ke – 77 RI di Kelurahan Bah Kapul dilaksanakan mulai 14-17 Agustus 2022. Biayanya kegiatan tersbeut berasal dari swadaya masyarakat dan para donator. Kegiatan peringatan HUT RI tersebut meliputi jalan santai dan berbagai perlombaan. Di antaranya perlombaan menari, makan kerupuk, masukkan paku dalam botol, lomba lari dalam karung dan sebagainya.

“Pada puncak peringatan HUT ke-77 RI, Rabu, 17 Agustus 2022 akan kami gelar lomba panjat pinang dan bakiak (sandal panjang). Lomba bakiak ini merupakan olahraga yang sudah lama dan mulai terlupakan. Jadi olahraga ini akan lebih seru lagi karena diperlombakan khusus kaum emak-emak saja,”ujarnya.

Sementara itu, menurut Ramio, warga Kelurahan Bah Kapul Kota Pematangsiantar juga memeriahkan HUT RI tahun ini dengan mengibarkan bendera merah putih di depan seluruh rumah warga. Pengibaran bendera merah putih tersebut juga sesuai dengan kebijakan pemerintah mengibarkan 10 juta bendera merah putih.

Dikatakan, semangat dan antusias warga masyarakat Kelurahan Bah Kapul, Kota Pematangsiantar menyambut HUT RI tahun ini perlu diapresiasi. Hal itu penting karena semangat tersebut menunjukkan membangkitkan rasa nasionalisme kepada seluruh masyarakat.

“Namun demikian, kami akan tetap menginformasikan pada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19. Paling tidak, warga harus tetap jaga kesehatan. Seperti hari ini, ikut olahraga gerak jalan santai,”katanya. (Matra/FebP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.