4 Oktober 2022
Kesebelasan Forkopimda Provinsi Jambi dengan Pers Jambi pada pertandingan persahabatan dalam rangka pembukaan Liga Santri PSSI 2022 Provinsi Jambi di Stadion Tri Lomba Juang, KONI, Kota Jambi, Rabu (10/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Liga Santri yang digelar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) 2022 merupakan ajang pencarian bakat sepakbola di Provinsi Jambi. Karena itu pertandingan sepakbola Liga Santri PSSI yang memperebutkan Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) 2022 tersebut harus dilaksanakan dengan baik dan penuh sportivitas.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH ketika membuka Liga Santri PSSI di Stadion Tri Lomba Juang Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI), Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (10/8/2022).

Pembukaan Liga Santri PSSI 2022 wilayah Provinsi Jambi tersebut diikuti delapan kesebelasan santri dari dua kota dan sembilan kabupaten di Provinsi Jambi. Turut hadir pada pembukaan Liga Santri PSSI 2022 tersebut, Danrem 042/Gaaruda Putih (Gapu) Jambi, Brigjen TNI Supriono dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto.

Pembukaan Liga Santri PSSI 2022 wilayah Jambi tersebut ditandai dengan pertandingan persahabatan antara kesebelasan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan kesebelasan pers Jambi.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, Liga Santri 2022 wilayah Jambi yang berlangsung 10 – 15 Agustus 2022 tersebut hendaknya bisa melahirkan bibit-bibit sepakbola dari lingkungan santri. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung sepenuhnya Ligas Santri PSSI 2022 yang digelar Korem 042/Gapu Jambi. Pemenang Liga Santri PSSI 2022 wilayah atau zona Provinsi Jambi akan mengikuti Liga Santri PSSI 2022 tingkat nasional di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 22 Oktober 2022.

“Liga santri ini merupakan ajang pencarian talenta berbakat sepakbola di Provinsi Jambi. Pemprov Jambi mendukung agar pertandingan sepakbola ini berjalan lancar dan sukses. Dengan demikian liga ini bisa memunculkan pesepakbola handal yang dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi di kancah nasional,”katanya.

Gubernur Jambi, H Al Haris menggiring bola (kiri) pada pertandingan persahabatan Forkopimda Provinsi Jambi dengan Pers Jambi. Pertandingan tersebut digelar pada pembukaan Liga Santri PSSI 2022 Provinsi Jambi di Stadion Tri Lomba Juang, KONI, Kota Jambi, Rabu (10/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Menurut Al Haris, penyelenggaraan Liga Santri PSSI memperebutkan Piala Kasad di Jambi ini merupakan salah satu bentuk perhatian besar dalam mengembangkan bakat para santri, khususnya pada bidang olahraga sepakbola. Liga santri tersebut diharapkan lebih memperkuat tali silahturahmi antarsantri di Provinsi Jambi dan menjadikan para santri sebagai insan yang cerdas serta menjadi salah satu agen perekat persatuan bangsa.

“Kami juga mengajak para santri untuk gemar berolahraga guna mendukung program Pemerintah Pusat, yaitu gerakan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Para santri harus gemar dalam berolahraga, karena olahraga ini bukan hanya untuk menyalurkan hobi, namun untuk menumbuhkan jiwa sportivitas dan nasionalisme,”ujarnya.

Al Haris menegaskan, Pemprov Jambi sangat mendukung upaya meningkatkan prestasi olahraga guna lebih mempromosikan dan mengharumkan nama Provinsi Jambi. Pemprov Jambi terus berupaya membangun berbagai fasilitas olahraga guna lebih meningkatkan prestasi Provinsi Jambi. Salah satunya, membangun kawasan sport center (pusat kegiatan olahraga) di Kabupaten Muarojambi.

Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Letkol Arm Budi Wahyono, SH, MIP, selaku Koordinator Pelaksana Kegiatan Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 zona Provinsi Jambi mengatakan, Liga Santri di Jambi diikuti delapan kesebelasan dari delapan pondok pesantren. Para pemain terbaik Liga Santri Jambi akan diseleksi mewakili Jambi mengkuti Liga Santri Nasional di Senayan, Jakarta, 22 Oktober 2022 bersamaan dengan Hari Santri Nasional.

“Liga Santri PSSI 2022 zona Jambi ini bisa terselenggara atas dukungan semua pihak, baik PSSI, Polri, TNI serta Peprov Jambi. Kami mengharapkan pertandingan sepakbola santri ini berjalan dengan lancar dan memberikan hiburan bagi masyarakat,”tuturnya.

Partai pertama Liga Santri PSSI 2022 zona Jambi diawali dengan pertandingan antara kesebelasan Ponpes Al Hasni Kabupaten Sarolangun melawan Ponpes Jauharul Falah Al Islami Kabupaten Muarojambi. Pertandingan terebut dimenangkan kesebelasan Ponpes Al Hasni dengan skor 1 – 0.

Sedangkan pada pertandingan kedua antara kesebelasan Ponpes Al Baqiattus Shalihat Kabupaten Tanjungjabung Barat melawan kesebelasan Ponpes Almukhsinin Kabupaten Kerinci. Kesebelasan Ponpes Almukhsinin Kabupaten Kerinci mengalahkan kesebelasan Ponpes Al Baqiattus Shalihat dengan skor 1 – 0. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.