29 September 2022
 Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) memasang bendera merah putih di sepeda motor warga Kota Jambi di komplek perkantoran Gubernur Jambi, Senin (1/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung gerakan 10 juta bendera merah putih sebagai salah satu upaya menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Dukungan tersebut ditandai dengan pembagian bendera merah putih yang dilakukan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH kepada warga masyarakat di jalan raya, Kota Jambi, Senin (1/8/2022).

Pembagian bendera merah putih yang dilakukan para kepala daerah kepada warga masyarakat di jalan raya tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah di Indonesia.

Al Haris seusai membagikan bendera kepada warga Kota Jambi di Jalan A Yani, komplek perkantoran Gubernur Jambi mengatakan, Pemprov Jambi sangat mendukung program pembagian 10 juta bendera merah putih sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI 2022.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menggugah kembali rasa cinta Tanah Air dan lebih meningkatkan rasa semangat nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Provinsi Jambi,”katanya.

Dijelaskan, pembagian bendera kepada warga masyarakat, khususnya pengguna jalan tersebut dilakukan sesuai dengan himbauan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih.

Untuk itu seluruh seluruh kepala daerah di tingkat provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia secara serentak turun ke jalan membagikan bendera kepada masyarakat, khususnya pengendara yang sedang melintas di jalan.

Al Haris mengatakan, pembagian bendera kepada para pengguna jalan tersebut juga bertujuan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta menyambut HUT RI secara semarak.

Dikatakan, pemerintah mengimbau seluruh warga masyarakat memasang bendera di rumah rumah. Hal tersebut bertujuan membangkitkan semangat memperingati HUT ke-77 RI. Melalui pembagian 10 juta bendera, peringatan HUT RI yang biasanya lesu diharapkan kembali bergelora di tengah tengah masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi.

Al haris mengatakan, sebagai anak bangsa yang lahir dan hidup di bumi Indonesia, seluruh warga masyarakat terpanggil mengibarkan bendera merah putih pada bulan Agustus untuk memperingati HUT ke-77 RI. Segenap warga masyarakat Indonesia juga diharapkan mengibarkan bendera merah putih di depan rumah kita masing – masing. Hal ini penting untuk mengenang kembali perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Mengibarkan bendera merah putih menjadi wujud cinta kita kepada negara Indonesia dan juga momen untuk menghargai jasa – jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang demi negara ini,”katanya.

Dijelaskan, selain untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pengibaran bendera merah putih di seluruh rumah, perkantoran, kendaraan dan tempat – tempat penting lainnya juga perlu untuk menggugah kembali semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Hal tersebut sangat penting untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang merebut dan memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Kita sebagai anak bangsa harus mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan agar semakin baik di masa mednatang,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.