4 Oktober 2022
Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Jambi, Drs H Hasan Basri Agus (kanan depan) memasangkan keris ke pinggang Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Durachman pada penganugerahan gelar adat Melayu kepada Kasad di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (18/7/2022). (Foto : Matra/Dispenad).

(Matra, Jambi) – Kunjungan kerja (Kunker) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman ke Provinsi Jambi mendapat apresiasi dari masyarakat adat provinsi itu. Kunker Kasad tersebut dinilai memberikan motivasi bagi seluruh elemen masyarakat Jambi melakukan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan membangun ketahanan pangan.

Menyadari besarnya pengaruh kunjungan Kasad Jenderal Dudung Durachman tersebut, Lembaga Adat Melayu Jambi pun menganugerahkan tanda kehormatan adat Melayu Jambi. Kasad Dudung Durachman dinobatkan menjadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi pada tatap muka dan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi jambi dan tokoh Masyarakat Provinsi Jambi di aula rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (18/7/2022).

Penobatan gelar kehormatan tersebut ditandai dengan pemasangan lacak (penutup kepala khas Jambi), penyematan pin (simbol adat Melayu), pemberian keris dan pemasangan kain songket oleh Ketua Umum LAM Jambi, Drs H Hasan Basri Agus.

Gubernur Jambi, H Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, kunjungan kerja Kasad Jenderal TNI Dudung Durachman dan isteri Ny Rahma Dudung Abdurachman ke Provinsi Jambi memberikan dan membawa manfaat bagi masyarakat Jambi, terutama dalam hal ketahanan pangan, pencegahan dan penanganan karhutla serta penanganan stunting (gangguan pertumbuhan anak) di Jambi.

“Jenderal Dudung Durachman membawa semangat luar biasa ke Jambi ini. Hal ini hendaknya menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih giat lagi membangun dan menyejahterakan masyarakat Jambi. Karena itulah LAM Jambi menobatkan Jenderal Dudung Durachman sebagai Anggota Kehormatan LAM Jambi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LAM Jambi, Hasan Basri Agus pada kesempatan tersebut mengatakan, penganugerahan Anggota Kehormatan LAM Jambi kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Durachman menunjukkan bahwa beliau menjadi datuk (pemimpin) tempat berlindung serta menjadi pengasuh dan pembimbing seluruh anak negeri, terutama masyarakat Jambi.

Kasad Jenderal TNI Dudung Durachman sendiri menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Jambi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan segenap lapisan masyarakat Jambi atas penganugerahan gelar kehormatan tersebut.

“Semoga anugerah dan gelar datuk yang saya terima ini menjadikan saya lebih semangat memberikan pengabdian terbaik dalam membela bangsa dan menjadi pemimpin yang berani dalam mengambil keputusan,”katanya.

Kasad selanjutnya mengajak semua komponen bangsa yang ada di Jambi untuk menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan berlandaskan Pancasila, terutama mencegah terjadinya konflik komunalistik yang sengaja dibuat oleh pihak-pihak atau kelompok-kelompok untuk mengganggu stabilitas nasional.

“Apabila ada hal-hal atau pihak-pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, mari kita bersama-sama bertindak dan bersikap tegas. Hal itu penting karena kita negara yang bersatu dengan landasannya NKRI, tiangnya persatuan dan kesatuan, serta atapnya kebhinnekaan. Inilah yang harus kita jaga bersama untuk mewujudkan negara Indonesia yang berdaulat,”ujarnya.

Acara tersebut turut dihadiri Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Deputi ll Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar, Ketua DPRD Provvinsi Jambi, Edi Purwanto, Sekda Pemprov Jambi, Sudirman, Plt Kajati Jambi, Bambang Gunawan, Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko Soenarso, Dir Intelkam Polda Jambi, Kombes Pol Bondan Witjaksono dan Wali Kota Jambi, H Syarif Fasha. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.