29 September 2022

Salat Idul Adha 1443 H di lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Sumut, Minggu (10/7/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Perayaan Idul Adha (Hari Raya Haji) umumnya menonjolkan nuansa humanisme, kekeluargaan dan kepedulian sosial. Nuansa itulah yang tampak mewarnai perayaan Idul Adha 1443 Hijriyah (H) di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Minggu (10/7/2022).

Nuansa humanisme perayaan Idul Adha 1443 H/2022 di kedua daerah tersebut tampak dari kepedulian para dermawan menyumbangkan hewan kurban untuk dipotong dan dibagi-bagikan di warga (umat Muslim) di setiap masjid di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut).

Dermawan tersebut tidak hanya datang dari pengusaha, namun juga kalangan pejabat pemerintah. Mereka menyumbangkan hewan kurban dan membagi-bagikannya kepada warga yang benar-benar sangat membutuhkannya agar semua merasakan nikmat di hari nan suci, Idul Adha.

Umat Muslim di Marihat Baris, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun misalnya mendapatkan bantuan seekor sapi kurban dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Polda Sumut pada hari raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/7/2022).

Penyerahan sapi kurban sumbangan Kapolri dan Polda Sumut tersebut kepada umat Muslim di Kecamatan Marihat tersebut dilakukan Kepala Polres Simalungun, Komisaris Polisi (Kompol) Efianto, SH. Sapi kurban tersebut diterima Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Simalungun, H Abdul Halim Lubis di Marihat Baris, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (9/7/2022).

Wakapolres Simalungun, Kompol Efianto pada kesempatan tersebut mengatakan, sapi bantuan Kapolri untuk warga Marihat Baris, Kecamatan Siantar, Simalungun tersebut dinyatakan sehat, bebas dari penyakit mulit dan kuku (PMK).

Dikatakan, pemberian sapi kurban kepada umat Muslim di Kabupaten Simalungun tersebut dimaksudkan menjalin hubungan yang harmonis antara Polri dan masyarakat. Hubungan yang harmonis antara jajaran kepolisian dengan warga masyarakat (umat beragama) tersebut penting menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Simalungun.

“Bantuan sapi kurban ini juga kami harapkan bisa mempererat rasa kekeluargaan jajaran kepolisian tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama. Mudah mudahan hari raya Idul Adha ini juga bisa lebih mendekatkan diri kita dengan Allah SWT,”katanya.

Sementara itu, Ketua MUI Simalungun, H Abdul Halim Lubis pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas perhatian Kapolri dan Kapolda Sumut yang memberikan perhatian kepada umat Muslim dan MUI Kabupaten Simalungun.

“Semoga bantuan ini membawa berkah serta menjadi ladang amal jariyah bagi Pak Kapolri, Kapolda Sumut, Kapolres Simalungun dan jajarannya. Semoga bantuan ini juga dapat bermanfaat bagi para pengurus MUI dan umat Muslim di Simalungun,”paparnya.

Kapolresta Pematangsiantar, AKBP Ferdinan, SH, SIK (kanan) menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Pemotongan Hewan Kurban Polresta Pematangsiantar di lapangan Polsek Siantar Martoba, Tanjung Pinggir, Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumut, Sabtu (9/7/2022). (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).

Polres Siantar

Sementara itu, jajaran Polresta Pematangsiantar juga melakukan pemotongan hewan kurban merayakan hari raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/7/2022). Pemotongan hewan kurban tersebut dilaksanakan di lapangan Polsek Siantar Martoba, Jalan Pdt J W Saragih, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumut.

Pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban tersebut langsing disaksikan Kapolresta Pematangsiantar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fernando SH, SIK. Hewan kurban yang dipotong pada kesempatan tersebut, yakni sapi empat ekor dan kambing satu ekor.

Menurut Fernando, seluruh hewan qurban yang dipotong tersebut dinyatakan sehat dan layak dipotong, bebas dari PMK. Sehari sebelum diserahkan, Polresta Pematangsiantar sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban tersebut. Pemeriksaan dilakukan dokter hewan dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kota Pematangsiantar. Hasilnya seluruh hewan dinyatakan sehat dan siap disembelih.

Fernando mengatakan, daging kurban yang disediakan Polresta Pematangsiantar diserahkan kepada apartur sipil negara (ASN) dan pegawai harian lepas (PHL) yang beragama Islam di Polresta Pematangsiantar maupun kepolisian sektor (Polsek) se-Kota Pematangsiantar. Kemudian daging kurban juga dibagikan kepada warga masyarakat yang beragama Islam di Kecamatan Martoba, Kota Pematangsiantar.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia Pengadaan Hewan Kurban Polresta Pematangsiantar. Pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban di Polresta Pematangsiantar bisa berjalan dengan baik,”katanya.

Wakil Kepala Polres Simalungun, Komisaris Polisi (Kompol) Efianto, SH (dua dari kanan) menyerahklan sapi kurban kepada Ketua MUI Kabupaten Simalungun, H Abdul Halim Lubis di Marihat Baris, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (9/7/2022). (Foto : Matra/HumasPolresSimalungun).

Khidmat

Sementara itu, salat Idul Adha 1443 H di Lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Minggu (10/7/2022) berlangsung khidmat, tertib dan aman. Salat Idul Adha tersebut diikuti Pelaksana Tugas (Plt) Wali KotaPematangsiantar, dr Hj Susantio Dewayani, SpA dan para pejabat Pemkot Pematangsiantar.

Susanti Dewayani dalam sambutannya mengatakan, perayan Idul Adha merupakan menjadi momentum membangkitkan semangat berkurban dengan keikhlasan. Melalui Idul Adha juga, umat muslim bisa menggapai harapan akan kesejahteraan hidup, mendapatkan pengampunan dan meningkatkan keteguhan iman.

“Semoga perayaan Idul Adha 1443 H meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT sekaligus memberikan semangat kepada kita semua mempercepat terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,” katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.