29 September 2022
Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (dua dari kiri) mengalungkan selendang kenangan kepada Tim Ekspedisi Sepeda Ontel Jelajah Indonesia di Balai Kota Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022) (Foto : Matra/FebP/KominfoSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu kota yang disinggahi Tim Ekspedisi Sepeda Ontel (Tua) Jelajah Indonesia. Setelah meninggalkan Pulau Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) beberapa hari lalu, tim ekspedisi sepeda tua tersebut tiba di Kota Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022).

Setibanya di Kota Pematangsiantar, dua orang Tim Ekspedisi Sepeda Ontel Keliling Indonesia tersebut, yakni Ronny Hartono asal Kendal, Provinsi Jawa Tengah dan Effendi asal Depok, Jawa Barat singgah di Balai Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka Nomor 10, Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Jumat (24/6/2022).

Kedua anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) tersebut berkesempatan bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA. Susanti Dewayani menyambut hangat kedatangan kedua penjelajah Indonesia tersebut. Pertemuan tersebut turut dihadiri Ketua Kosti Kota Pematangsiantar, Muhammad Irsan Nasution dan Sekretaris, Yowanda Rahmazam.

Ronny Hartono pada kesempatan tersebut mengatakan, mereka hendak menjelajah seluruh daerah di Indonesia menggunakan sepeda ontel. Setelah dari Kota Pematangsiantar, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Mentawai hingga ke beberapa daerah di Indonesia Bagian Timur.

“Kami Tim Ekspedisi Sepeda Ontel Keliling Indonesia yang merupakan anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti). Saya berasal dari Kendal, Jawa Tengah dan teman saya, Effendi dari Depok, Jawa Barat. Kami sedang melakukan perjalanan atau ekspedisi keliling Indonesia dengan sepeda ontel,”kata Ronny Hartono memberi penjelasan kepada Plt Wali Kota Pematangsiantar.

Menurut Ronny Hartono, mereka melakukan ekspedisi keliling Indonesia menggunakan sepeda ontel sebagai wujud kecintaan terhadap Tanai Air. Selama dalam perjalanan, mereka mengumpulkan tanah dan air dari seluruh Indonesia yang dilalui. Nantinya tanah dan air tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022.

Pada pertemuan tersebut, Ronny Hartono dan Effendi meminta Susanti Dewayani membubuhkan tanda tangan pada buku kenangan mereka. Susanti Dewayani juga memberikan testimoni (kesaksian) pada buku tersebut, Nantinya tanda tangan dan testimoni tersbeut akan dibukukan sebagai catatan perjalanan mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang Ibu berikan. Semoga Ibu Plt Wali Kota Kota Pematangsiantar sehat selalu dan sukses memimpin Kota Pematangsiantar,”katanya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA pada pertemuan tersebut mengatakan, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar dan masyarakat Kota Pematangsiantar, dirinya menyampaikan selamat datang di Kota Pematangsiantar dan selamat berjuang melanjutkan penjelajahan di daerah lainnya.

“Saya merasa bangga dan terharu atas perjalanan panjang Ronny dan Effendi ini. Saya juga berterima kasih karena menyempatkan diri singgah di Kota Pematangsiantar. Misi ekspedisi ini tentunya sangat mulia. Misi cinta tanah air ini tentunya bisa menjadi inspirasi dan membangkitkan rasa nasionalisme kita semua,”katanya.

Susanti Dewayani mengharapkan Ronny dan Effendi tetap semangat dan sehat selama melakukan penjelajahan Tanah Air. Kedua penjelajah tersebut diharapkan dapat menyelesaikan misi perjalanan keliling Indonesia dan segera berkumpul kembali dengan keluarga tanpa kekurangan apapun.

“Semoga cita-cita dan harapan bapak-bapak tercapai dan NKRI harga mati bisa terwujud. Harapan tersebut juga menjadi harapan kita semua sebagai anak bangsa. Sehat dan sukses, tetap semangat. Doa kami masyarakat Pematangsiantar menyertai bapak-bapak sekalian,”katanya. (Matra/FebP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.