4 Oktober 2022
Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (kanan) dan Ephorus GKPS, Pdt Dr Deddy Fajar Purba (kiri) pada pertemuan di kantor Wali Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (24/6/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Jambi) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar siap mendukung penuh pelaksanaan Sinode Bolon (Sidang Raya) ke-45 Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) 2022 yang akan dilaksanakan di Balai Bolon GKPS, Jalan Pdt J Wismar Saragih, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (28/6/2022) hingga Jumat (17/2022). Susanti Dewayani sendiri menyatakan akan hadir membuka Sinode Bolon ke-45 GKPS tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA ketika menerima kunjungan Pimpinan Sinode GKPS dan Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS di kantor Wali Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022).

Pimpinan Sinode GKPS yang hadir pada kesempatan itu, Ephorus Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pdt Dr Paul Ulrich Munthe. Kemudian Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS yang hadir, Ketua, Dr Hisarma Saragih, Sekretaris Panitia, Pdt Immanuel Sitio dan beberapa anggota panitia.

Susanti Dewayani pada pertemuan tersebut mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkot Pematangsianțar, dirinya sangat mengapresiasi kunjungan Ephorus GKPS dan Panitia Sinode Bolon ke – 45 GKPS tersebut. Kunjungan pimpinan Sinode GKPS dan Pantitia Sinode Bolon ke-45 GKPS tersebut dinilai sebagai salah satu silaturahmi untuk meningkatkan kerja sama memajukan pembangunan Kota Pematangsiantar.

Susanti Dewayani menegaskan, pihaknya siap mendukung dan membantu semaksimal mungkin kegiatan Sinode Bolon ke-45 GKPS di Kota Pematangsiantar. Kehadiran ratusan pendeta, penginjil dan para pelayan GKPS di Kota Pematangsiantar pada Sinode Bolon GKPS tersebut tentunya akan memberikan kontribusi kepada Pemkot Pematangsiantar, para pengusaha dan warga masyarakat Kota Pematangsiantar.

“Saya sangat senang dan bersyukur bahwa komunikasi kita dapat berjalan baik. Untuk itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kota menjalin komunikasi, silaturahmi dan koordinasi yang baik untuk mendukung berbagai kebijakan serta program Pemkot Pematangsiantar, khususnya membangun dan mewujudkan Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas demi Pematangsiantar Bangkit dan Maju,”katanya.

Sementara itu, Ephorus GKPS Pdt Dr Deddy Fajar Purba pada kesempatan tersebut mengatakan, Sinode Bolon ke-45 GKPS di Kota Pematangsiantar merupakan sidang sinode bolon GKPS yang pertama dilaksanakan secara tatap muka pasca pandemi Covid-19.

Pada Sinode Bolon GKPS tahun 2020 dan 2021, sidang dilaksanakan secara virtual (dalam jaringan). Sinode Bolon ke-45 GKPS akan diikuti sekitar 550 orang utusan pendeta, penginjil dan perutusan sinode bolon GKPS dari setiap wilayah pelayanan resort di Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sumatera, Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan.

“Sinode Bolon GKPS 2022 akan membahas atau mengevaluasi berbagai program dan anggaran GKPS, termasuk pembahasan Tata Laksana (Anggaran Dasar dan Rumah Tangga) GKPS yang disahkan tahun 2020. Rangkaian kegiatan sinode bolon dimulai dengan ibadah, seremonial (penyambutan tamu undangan) dan persidangan,”ujarnya.

Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (tengah) pada pertemuan dengan Pimpinan Sinode GKPS dan Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS di kantor Wali Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (24/6/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

Persiapan Matang

Sementara itu, pihak panitia sudah mempersiapkan Sinode Bolon ke-45 GKPS tersebut secara matang. Hingga Jumat (24/6/2022), Panitia Sindoe Bolon GKPS 2022 masih terus bekerja mempersiapkan segala sesuatu keperluan untuk kesuksesan dan kelancaran persidangan.

Ketua Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS, Dr Hisarma Saragih didampingi Sekretaris Panitia, Pdt Immanuel Sitio pada rapat Persiapan Sinode Bolon ke – 45 GKPS di Balai Bolon GKPS, Kota Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022) menjelaskan, pihaknya sudah menyampaikan undangan kepada seluruh peserta dan tamu.

“Dokumen materi persidangan juga sudah dikirimkan panitia kepada seluruh peserta Sindoe Bolon GKPS 2022 dalam bentuk fila PDF. Kemudian tempat penginapan peserta selama kegiatan sudah dipesan dan tempat pelaksanaan persidangan sudah ditata sedemikian rupa,”ujarnya.

Dijelaskan, Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS juga sudah mengadakan rapat terakhir persiapan yang dihadiri Ephorus dan Sekjen GKPS, Selasa (21/6/2022) lalu. Berdasarkan laporan para koordinator seksi pada rapat tersebut, perispan Sindoe Bolon GKPS 2022 tersebut sudah mencapai 90 %. Baik persiapan tentang pengiriman undangan kepada peserta maupun tamu, pengiriman dokumen materi persidangan, penginapan para peserta dan lokasi persidangan.

Menurut Hisarma Saragih, Sinode Bolon ke-45 GKPS 2022 di Kota Pematangsiantar rencananya akan dihadiri Plt Wali Kota Pematangsiantar, Hj Susanti Dewayani, SpA, Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH, Ketua DPRD Provinsi Sumut, Drs Baskami Ginting dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar.

“Kemudian akan hadir juga pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, tokoh-tokoh gereja dan masyarakat Sumut, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Biro Administrasi GKPS dan Koordinator Seksi Kesekretariatan Panitia Sinode Bolon ke-45 GKPS 2022, Pdt Sarinus Sipayung mengatakan, dari sekitar 460 orang anggota Sinode Bolon GKPS, sekitar 378 orang sudah mendaftar hingga Jumat (24/6/2022) siang.

“Peserta yang sudah mendaftar secara langsung dan online , yakni pendeta sebanyak 195 orang, penginjil (56 orang), anggota sinode bolon (110 orang), ketua seksi kategorial tingkat sinode (empat), perutusan pemuda (dua orang) dan perutusan perempuan (11 orang)”katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.