4 Oktober 2022
Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin (tiga dari kiri) memberikan bantuan kepada Ponpes Al Jauharen Tanjung Johor, Kota Jambi, Rabu (15/6/2022). (Foto :KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, menyalurkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kementerian Sosial dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Rabu (15/6/2022).

Bantuan Baznas berupa program Z-Mart diberikan kepada perwakilan mahasiswa Sekolah Tingi Agama Islam (STAI) Ma’arif Jambi. Kemudian bantuan Kementerian Sosial berupa bantuan atensi rehabilitas sosial diberikan kepada perwakilan dinas sosial. Sedangkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan berupa program manfaat beasiswa diberikan kepada perwakilan pondok pesantren.

Kunjungan Wapres, Ma’ruf Amin di Kota Jambi turut didampingi isteri, Hj Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Kepala Baznas, Noor Achmad dan para staf Wakil Presiden RI. Kehadiran rombongan Wapres, Ma’ruf Amin di Jambi disambut Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSOs, MH, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Supriono, Komandan Lanud , Sri Mulyono Herlambang dan Komandan Lanal Palembang, Kolonel Laut Widyo Sasongko.

Pada kunjungan kerja ke Jambi, Ma’ruf Amin dan rombongan juga menyempatkan diri mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Jauharen, Tanjungjohor, Seberang Kota Jambi dan kampus STAIN Ma’arif Jambi di Kota Jambi.

Pada pertemuan dengan pengurus dan para santri di Ponpes Al Jauharen, Tanjungjohor, Seberang Kota Jambi, Ma’ruf Amin di mengatakan, Ponpes perlu terus dioptimalkan sebagai wadah mencetak generasi muda berkualitas dan berakhlak mulia. Untuk itu pembinaan santri dan santriwati di setiap ponpes harus dilakukan lebih baik.

Dikatakan, melalui pesantren – pesantren, pemerintah bisa mengembangkan kualitas santriwan dan santriwati menjadi entrepreneur (pengusaha) yang mandiri dalam berwirausaha. Ponpes juga sangat baik menjadi wadah pengembangan keahlian – keahlian serta menumbuhkan semangat berwirausaha.

Ma’ruf Amin pada kesempatan tersebut meminta Gubernur Jambi, H Al Haris terus menciptakan, mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan benar-benar memahami pembangunan masyarakat. SDM berkualitas tersebut nantinya berguna untuk membangun Jambi di masa mendatang.

“Untuk menciptakan, mengembangkan dan meningkatkan SDM unggul tersebut diperlukan generasi muda yang baik, tidak hanya unggul dalam bidang akademik umum saja, tetapi juga unggul dalam bidang keagamaan seperti di pesantren pesantren,”ujarnya.

Mengenai pembangunan STAI Ma’arif Jambi, Ma’ruf amin mengatakan, Pemerintah Pusat sangat mendukung kemajuan STAI Ma’arif Jambi, termasuk pembangunan Gedung untuk pengembangan pendidikan. STAI Ma’arif Jambi diharapkan terus meningkatkan program pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM di Jambi.

“Kegiatan-kegiatan mahasiswa bernuansa wirausaha juga perlu dikembangkan di STAI Ma’arif Jambi agar para lulusannya bisa mengembangkan usaha secara mandiri,”katanya.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin (kanan), Gubernur Jambi, H Al Haris (tengah) dan Ketua Ponpes Al Jauharen, Tanjungjohor, Kota Jambi, Prof Dr H Abdul Bari Azed, SH, MH di Ponpes Al Jauharen, Tanjungjohor, Seberang Kota Jambi, Rabu (15/6/2022). (Foto : Matra/Kominfo).

Semangat Tinggi

Wapres, Ma’ruf Amin menilai, Al Haris merupakan seorang gubernur yang memiliki kemampuan dan semangat tinggi membangun Provinsi Jambi di agar lebih maju di masa mendatang. Al Haris dinilai memiliki semangat yang tinggi dalam hal membangun daerah, terlebih sikap aktifnya kepada Pemerintah Pusat melaksanakan koordinasi dan konsultasi guna kepentingan pembangunan Provinsi Jambi.

“Al Haris tidak kenal lelah dengan jiwa mudanya menjemput program program dari Pemerintah Pusat untuk dijalankan Pemprov Jambi. Perjuangan tersebut membuat pembangunan di Provinsi Jambi bisa bersaing dengan provinsi lainnya,”tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, kunjungan kerja Wapres RI, KH Ma’ruf Amin ke Provinsi Jambi memberikan dampak positif dan manfaat bagi Provinsi Jambi. Kunjungan Wapres ke Jambi secara khusus memacu semangat jajaran Pemprov Jambi mempercepat proses pembangunan.

“Pemprov Jambi Jambi menyambut baik kunjungan Wapres RI, KH Ma’ruf Amin ke Jambi. Apalagi kunjungan tersebut disertai juga dengan pemberian bantuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Tentunya kunjungan Wapres ini memberikan manfaat mempercepat proses pembangunan Provinsi Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM).

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin (enam dari kanan) bersama pengurus Ponpes Al Jauharen di Ponpes Al Jauharen, Tanjungjohor, Seberang Kota Jambi, Rabu (15/6/2022). (Foto : Matra/Kominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.